Kamis, 13 Januari 2011

9 Prinsip Animasi, gaya Mantri Animasi

1. Cita-cita jadi pembuat film kartun
Dari kecil harus mempunyai cita-cita menjadi pembuat film kartun.

 
2. Mencintai Animasi
Seperti pribahasa : Tak kenal maka tak sayang. Maka untuk bisa memahami kebutuhan si film Kartun. Kita harus menyayangi dan mencintainya. Meski punya anggapan bagus dan jeleknya sebuah film kartun. Tetap harus ditonton, disuka dan diperhatikan. Karena dari sini akan tahu, bagaimana seharusnya membuat Film Kartun yang bisa disukai oleh penonton.

 
3. Suka Berkhayal
Meski cuma satu gambar, bagi seorang pembuat film kartun. Gambar itu bergerak dalam imajinasinya. Tidak cuma gambar. Tulisan, musik, suasana, dll. pun bisa menjadi gambar bergerak dalam kepala.

 
4. Semua media adalah tempat latihan
Animasi adalah kehidupan, maka semua tempat adalah terapan animasi. kapur, pensil, cat, apapun itu. Gores, coret, tuangkan semua gambar bergerak dalam kepala ke semua tempat . Begitu juga semua yang berhubungan dengan animasi. Membuat cerita, menyusun gambar, mengatur adegan, hitung-hitungan dana, dll. Intinya adalah berlatih keras. Tak kenal batas!


5. Tidak malu memutar Film Kartun sendiri
Jika sudah punya film kartun. Ikutkanlah ke festival-festival. Baik kompetisi atau sekedar pameran. Dari sana akan tahu tolak ukur film kartun yang kita buat sampai dimana, dimata penonton.


6. Berlapang dada menerima segala saran dan krithkan
Saran dan kritik adalah apresiasi. Dan karya butuh itu. Maka janganlah tersinggung jika ada kritikan. Justru harus semangat untuk menjadi lebih baik.


7. Mau berbagi
Jika sudah sampai pada saatnya. Dimana karya kita mulai dipertimbangkan. Maka jangan segan-segan saling membagi pengalaman pada animator lain. Karena dasar animasi adalah kebersamaan dan kekeluargaan.


8. Mementingkan animasi untuk Bangsa dan Negara
Sehebat apapun animasi jika tidak berguna bagi orang banyak. Tidak akan pernah terpatri dalam hati. Animasi bukan masalah kaya materi, tetapi kaya hati. Mari sama-sama menjunjung martabat bangsa dengan animasi.


9. Mulailah bekerja dengan berdoa
.

Note:
Sekedar menyesuaikan dengan subyektifitas saya mengenai prinsip animasi. Tidak mutlak!

SALAM MANIS ANIMASI :)

Tidak ada komentar: